Menurut Andres Kaplan, setiap kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan jaringan yang ada dimana-mana sehingga konsumen dapat terus-menerus terhubung menggunakan perangkat mobile pribadi.
PENGERTIAN SITUS MOBILE (Web Mobile)
Situs mobile adalah situs dan layanan yang dirancang untuk dijalankan pada perangkat mobile. Mobile web merupakan teknologi yang mengakomodasi kebutuhan akan akses internet melalui perangkat mobile (begerak).
MANFAAT SITUS MOBILE
a. Mendekatkan Produk ke konsumen
b. Memudahkan konsumen meng-update informasi
c. Memudahkan konsumen berinteraksi dan bertransaksi
JENIS SITUS MOBILE
a. Situs Mobile yang Ramah (friendly mobile web design)
Adalah situs mobile dengan design yang mudah digunakan oleh penggunanya. Tampilan situs di perangkat mobile sama seperti tampilan situs di komp dekstop. Contoh apple.com, www.samsung.com
b. Situs Mobile Adaptif (adaptif web desaign/AWD)
Adalah desaign situs mobile yang dapat mengatur ukuran jendela yang dibuka berdasarkan ukuran layar yang sudah ditetapkan. Tampilan situs di perangkat mobile berbeda dengan tampilan situs di dekstop. Contoh www.kompas.com nacpolri.org
c. Situs Mobile Responsif (responsif web design/RWD)
Adalah situs mobile yang didesain sehingga ketika situs dibuka lewat perangkat mobile apapun, tampilan situs tersebut akan langsung menyesuaiakan dengan lebar dan tinggi layar perangkat mobile. Contoh mediaqueri.es, www.itb.ac.id
d. Situs Mobile Experience
Adalah situs mobile yang didisain sehingga tampilan di komputer dan di perangkat mobile berbeda. Alamta situs akan berbh secara otomatis ketika dibuka diperangkat mobile. Contoh www.detik.com dan m.detik.com
e. Situs Mobile Native
Adalah situs yang didisain agar tampilan situs di komputer dekstop dan diperangkat mobile hampir sama tetapi memberikan kesan yang berbeda ketika menggunaknnya. Contoh. www.apple.com
KARAKTERISTIK PERANGKAT MOBILE
- Berukuran relatif kecil
- Kapasitas memori yang terbatas
- Daya proses yang terbatas
- Mengkonsumsi daya yang rendah
- Kuat dan dapat diandalkan
- Konektivitas yang terbatas
- Masa hidup yang pendek
STRATEGI PEMASARAN MOBILE
1. Desain Situs Responsif dan Ramah
Tampilan situs diperangkat komputer sama bagusnya dengan diperangkat mobile namun untuk perangkat mobile harus disesuaikan dengan ukuran layar.
2. Konten ringkas
Artikel ringkas 300 s.d 500 kata tanpa mengurangi pembahasan atau pesan yang ingin disampaikan. Kombinasi tulisan yang ringkas dan gambar pendukung akan membuat konsumen nyaman.
3. Optimasi Mesin Pencari (SEO)
Pembuatan artikel dalam blog sebaiknya menggunakan riset kata kunci. Riset kata kunci dapat menggunakan mesin pencari atau alat lain seperti Google Adword, Google Trends.
4. Integrasikan dengan media sosial
Situs mobile sebaiknya diintegrasikan dengan media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, WA, Google+ dsb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar